Monday, September 29, 2014

DIY Bottle Project : Message In a Bottle

Sudah sejak lama, saya ingin membuat sebuah karya DIY (Do It Yourself). Apapun, untuk momen apapun, saya memang sudah lama senang dalam mengulik-ngulik sesuatu yang membutuhkan alat gunting, kertas, dan lem. Sampai suatu hari, saya melihat akun Pinterest saya dan melihat beberapa contoh karya DIY.

Salah satu contohnya adalah gambar ini, saya dapatkan beberapa gambar yang serupa dengan keyword 'message' dan 'bottle'.
From Pinterest. Found on squidoo.com
www.pinterest.com/pin/129689664240184762/
Akhirnya, saya memutuskan membuat sendiri contoh karya seperti di akun tersebut. Saya membuat karya ini spesial untuk teman-teman perempuan terdekat saya selama kuliah, dan saya memberikannya sebagai hadiah kelulusan sekaligus hadiah perpisahan kuliah.

Alat utama yang saya butuhkan hanya botol bersih belum dipakai (saya mendapatkannya dengan membeli), kertas warna-warni bergerigi, kain/pita lilit bermotif, dan tentu saja gunting. Kertas warna-warni saya gunakan untuk mengisi bagian dalam botol, sedangkan kain/pita motif saya gunakan untuk menghias bagian luar botol. Oh iya, untuk memberi nama pada tiap botol, saya menggunakan desain template label nama, dan saya berikan warna berbeda untuk setiap botol. Berikut beberapa alat dan bahan yang saya gunakan tersebut.


Kertas warna warni bergerigi yang saya miliki, saya potong kecil-kecil dan saya gulung/roll, sebelum akhirnya saya isi ke dalam botol hingga setengah penuh. Lalu, saya masukkan kertas setinggi botol yang sudah digulung, dimana di dalam kertas berwarna kuning kecoklatan itulah saya menuliskan pesan saya untuk sang penerima. 



Kertas berisi pesan tersebut saya ikat dengan tali, yang kemudian saya sambungkan dengan label nama di bagian luar botol. Setelah itu, saya ikatkan kain/pita motif di bagian luar botol untuk menambah aksen ramai di tubuh botol. Begitu seterusnya, dengan menambahkan berbagai variasi warna. Hasil akhirnya terlihat dari gambar berikut.


Ternyata tidak sulit sama sekali membuat contoh karya DIY ini, dan saya sangat senang melakukannya. Tentunya karya yang saya buat masih sangat sederhana dan tingkat kesulitannya sangat rendah. Saya berharap teman-teman saya mau menerimanya dengan senang hati (tanpa perlu memikirkan kegunaannya, anggap saja hiasan :p).

Seandainya ada kesempatan lagi, saya akan dengan senang hati membuat dan menambah berbagai aksesoris lainnya. Untuk ide-ide pembuatan hadiah seperti ini, inspirasi bisa didapatkan dari situs Pinterest.com. Jika ada yang ingin berbagi tentang pembuatan prakarya DIY lainnya, saya dengan senang hati ingin ikut berkumpul. :)

Hasil akhir DIY Project : Message in a Bottle